Saturday 21 May 2011

WISATA PANTAI DI GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA



Kali ini saya akan menceritakan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul, urut dari timur ke barat. Semoga saja bisa memudahkan anda bertamasya ke Gunungkidul. Tamasya yang terencana akan lebih baik karena kita bisa menentukan obyek wisata mana saja yang akan dikunjungi, dan kita sudah mengetahui hal-hal menarik apa saja yang ada disana. Lantas, kita tinggal bikin rute piknik agar waktu yang ada bisa kita manfaatkan secara maksimal. Check it out !






1. Pantai Sadeng
 
Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, berjarak sekitar 46 km dari Wonosari. Terdapat Telaga Suling yaitu lembah yang diyakini dahulu sebagai muara sungai Bengawan Solo Purba. Pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI)yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati sajian masakan ikan laut atau membawa ikan laut segar sebgai oleh-oleh dengan harga terjangkau.

2. Pantai Wediombo
 Pantai Wediombo merupakan pantai alami dengan panorama yang sangat indah, terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, sekitar 40 km arah tengara kota Wonosari. Pantai berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih, dapat dilihat secara terbuka baik dari atas perbukitan maupun dari pesisir pantai, sehingga memungkinkan wisatawan untuk menikmati panorama sunset yang sempurnama, selain itu juga udara pantainya ejuk menyegarkan dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit asma. Bagi wisatawan yang hobi memancing dapat dilakukan di tempat ini dimana pada saat tertentu banyak ikan Panjo yang muncul di sepanjang pantai. Satu tahun sekali di pantai digelar adat budaya Ngalangi yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar yang terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkaan dari bukit Kedungdowok dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat. Dalam satu kaawsan dengan pantai ini terdapat Pantai Gremeng, Pantai Jungwok dan Pulau Kalong (sebuah pulau kecil yang dihuni ribuan kalong) yang dapat dicapai dengan tracking sekitar 1,5 km ke arah timur.
 
3. Pantai Siung
Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, berjarak sekitar 35 km dari Wonosari dengan prasarana jalan aspal sampai tebing pantai. Pantai Siung merupakan cekungan laut yang diapit dengan dua bukit dengan tebing spesifik sehingga memungkinkan sebagai lokasi olah raga panjat tebing dan merupakan surga bagi para "climber" karena memiliki kurang lebih 250 jalur pemanjatan dengan didukung oleh panorama laut yang indah, merupakan keasyikan tersendiri memanjat tebing dengan diiringi debur ombak dan hembusan angin laut yang menyegarkan. Disini pernah diselenggarakan Asian Climbing Gathering (olah raga panjat tebing tingkat Asia) yang diikuti oleh 80 peserta dari 15 negara di Asia, diantaranya Thailand, Jepang, China, Malaysia, dll. Serta terdapat terasering lahan pertanian yang disekelilingnya hidup sekumpulan primata (kera ekor panjang).

4. Pantai Sundak

 Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, sekitar 1 km ke arah timur dari pantai Krakal, panorama alam hijau menyatu dengan dengan suasana desa pantai yang nyaman sangat cocok untuk tempat bersantai dan biasa digunakan sebagai ajang lokasi perkemahan bagi wisata remaja.

5. Pantai Ngandong
Terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, sekitar 500 m di sebelah barat Pantai Sundak merupakan pantai landai yang berpasir putih. Masih satu kawasan dengan Pantai Ngandong atau tepatnya di Watu Lawang, terdapat rumah singgah Komunitas of Roader (CRAB) dengan fasilitasnya etara hotel berbintang lima, antara lain dilengkapi dengan ruang pertemuan, Spa dan lain-lain, sangat nyaman untuk tempat bersantai dan berakhir pekan.

6. Pantai Krakal
 
 Merupakan pantai yang luas dan terpanjang dinatara 7 pantai lainnya dalam satu kawasan, terletak 2 km sebelah Timur pantai Drini. pasir outih yang membentang berkilauan sepanjang pantai, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati udara laut sambil jogging, ataupun mandi/berenang di pantai sambil menikmati keindahan dan mencari aneka biota laut, dengan membawa jaring kecil yang banyak dijual disana. Pada waktu-waktu tertentu ada suguhan atraksi wisata di panggung terbuka dipinggir pantai. Fasilitas tersedia antara lain Hotel Melati dan warung makan.

7. Pantai Drini
 Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km ke arah Timur dari Pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat dipakai sebagai penangkal ular berbisa.

8. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang merupakan rangkaian dari Pantai Baron dan Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Kukup. Dengan hamparan pantainya yang berpasir putih cocok sebagai kawasan otorita wisata eksklusif, sangat ideal untuk berjemur menikmati hangatnya sinar mentari dan merupakan pantai konservasi yang pada waktu tertentu biasa dipakai tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur.

9. Pantai Kukup
 Pantai Kukup merupakan pantai berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh beberapa pedagang di pinggir pantai maupun dipelihara di Gedung Aquarium Laut dekat pantai. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut. Fasilitas yang adaantara lain: sebuah pendopo utnuk acara pertemuan, Pondok Wisata, Hotel Melati, Waung makan dan kios pedagang cinderamata, ikan laut hias, iakn siap saji dan pedagnag buah-buahan. Masyarakat Nelayan setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut dalam waktu bersamaan dengan nelayan pantai Baron.

10. Pantai Baron
 Pantai Baron merupakan pintu gerbang masuk kawasan obyek wisata pantai. Pantai ini dikelilingi bukit-bukit kapur yang diatasnya terdapat jalan setapak dimana wisatawan dapat menikmati keindahan laut yang luas dan khas. Di sebelah barat, terdapat muara air sungai bawah tanah (air tawar) sehingga ada suatu tempat pertemuan antara air laut dan air tawar. Ciri khas pantai Baon adalah banyaknya aneka ikan laut segar maupun siap saji termasuk menu spesial Baron yaitu Sop ikan Kakap. Masyarakat nelayan setempat biasa melaksanakan Upacara Sedekah Laut yang dilakukan rutin tiap bulan Suro (penanggalan Jawa). Upacara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas panen ikan yang melimpah dan permohonan keselamatan dalam mencari ikan di laut. Fasilitas yang telah tersedia antara lain: Hotel kelas melati, Warung makan, kios-kios cinderamata, panggunung terbuka. serta gedung pertemuan.

11. Pantai Ngrenehan
Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh. Masih dalam satu kawasan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan Upacara Melasti.

12. Pantai Nguyahan 
  
13. Pantai Ngobaran
 Pantai Ngobaran yang berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah. Bersebelahan dengan pantai Ngrenehan.

sumber :
Dinas Pariwisata Gunungkidul
 

No comments:

Post a Comment